5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Saham Blue Chip

Saham blue chip

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Saham Blue Chip

Bagi yang sudah lama berkecimpung dalam dunia saham, tentu sudah paham mengenai saham blue chip. Tetapi jika Anda adalah orang yang baru ingin memasuki dunia saham mungkin masih asing dengan kata itu.

Kali ini, kita akan membahas 5 hal tentang saham blue chip bagi Anda yang pemula atau yang belum memahami tentang saham blue chip.

Search keyword: saham blue chip 2021, saham blue chip 2020, saham bluechip

1. Apa itu Saham Blue Chip?

Istilah saham blue chip sudah menjadi istilah yang sangat umum di dunia saham. Saham blue chip adalah sebutan untuk saham yang dimiliki oleh perusahaan besar yang sudah mapan atau stabil.

2. Kenapa Disebut Blue Chip?

Sebutan blue chip berasal dari permainan poker dimana terdapat tiga chip yang berwarna biru, merah dan putih. Diantara ketiga chip yang ada, chip berwarna birulah yang memiliki nilai paling besar.

3. Ciri Khas Saham Blue Chip

Setelah mengetahui pengertian saham blue chip dan alasan disebut demikian, Anda perlu tahu apa saja ciri khas dari saham ini. Berikut adalah beberapa ciri khas dari saham blue chip:

• Memiliki Harga Jual yang Tinggi

Sudah disebutkan diatas, kalau pemilik dari saham blue chip adalah perusahaan yang sudah stabil. Salah satu tanda dari perusahaan yang stabil atau mapan adalah memiliki harga jual yang tinggi

Biasanya harga jual perusahaan yang sudah stabil adalah sekitar 10 Triliun.

• Berada di Bursa dalam Waktu yang Lama

Salah satu ciri khas dari saham blue chip adalah berada di bursa saham untuk waktu yang lama. Tetapi, selain berada di bursa saham dalam waktu yang lama, sebuah saham juga diharuskan mengalami perkembangan dan laba yang meningkat.

• Saham yang Likuid

Ciri khas saham blue chip yang berikutnya adalah ramai diperdagangkan atau sering juga disebut dengan istilah likuid. 

Saham bisa disebut likuid jika sering mempunyai antrian pada penawaran dan permintaan.

Sebaiknya hindari untuk membeli saham yang tidak likuid karena kecilnya jumlah permintaan dan penawaran. Harga saham tidak likuid juga cepat berubah dan biasanya sulit untuk dijual maupun dibeli.

4. Bagaimana Cara Untuk Membeli Saham Blue Chip?

Jika Anda belum tahu cara membeli saham blue chip, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka rekening saham di broker terpercaya. Broker adalah perusahaan yang akan membantu Anda untuk berinvestasi.

Selain rekening saham, Anda juga perlu memiliki rekening dana nasabah karena Anda harus mengirim dana ke rekening dana nasabah terlebih dahulu sebelum membayar ke broker.

5. Apa Perbedaan Saham Blue Chip dengan Saham Lainnya?

Selain saham blue chip, dunia saham juga mengenal istilah lain yaitu saham lapis dua dan saham lapis tiga.

Saham lapis dua bisa digolongkan sebagai saham menengah, dimana harganya murah namun masih memiliki kesempatan untuk berkembang. Sementara saham lapis tiga merupakan saham yang tidak likuid.

Perbedaan dari ketiga jenis saham ini adalah tingkat resikonya. Meskipun memiliki saham blue chip tidak selalu mendapatkan untung, resiko keamanan memiliki saham blue chip bisa dibilang lebih tinggi dari dua saham lainnya. Tapi, untuk memilikinya, Anda perlu mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

Sementara saham lapis dua dan lapis tiga memang memiliki resiko yang lebih tinggi namun harga untuk mendapatkannya juga lebih murah.

Itulah 5 hal yang perlu Anda ketahui tentang saham blue chip, informasi manakah yang sudah Anda ketahui?

Keyword: 

  • blue chip saham
  • blue chip adalah
  • daftar saham blue chip
  • saham bluechip adala


LihatTutupKomentar