Cara Berbisnis Rumah Kontrakan Sederhana yang Bisa Anda Terapkan

Cara Berbisnis Rumah Kontrakan
Bisnis Rumah Kontrakan


Investasi sudah menjadi trend untuk saat ini, jika anda ingin menambah pendapatan dalam skala besar, yang bersifat pasif untuk penghasilan perbulan atau pertahun yang cukup menguntungkan adalah dengan berinvestasi. Salah satunya investasi tersebut dalam bentuk bisnis rumah kontrakan. Alih-alih bisa digunakan untuk tempat tinggal sementara anda juga dapat membisniskannya. Berikut penjelasan bisnis kontrakan ini dapat anda lakukan.

Keyword: bisnis kontrakan, usaha kontrakan, cara bisnis kontrakan tanpa modal, bisnis kontrakan tanpa modal

Cara memulai Bisnis Rumah Kontrakan

Setelah membahas sedikit pembahasan tentang bisnis rumah kontrakan, bagaimana cara memulai bisnis ini? Hal-hal yang harus anda pertimbangkan ada begitu banyak agar usaha anda ini dapat berjalan secara optimal. Anda bisa memulai bisnis ini dari modal yang kecil loh. Untuk itu anda harus memperhatikan strategi yang pas untuk usaha ini. Simak tips-tips berikut ini.

1. Cari kawasan daerah industri/Lokasi

Dari waktu ke waktu beriring terus berkembangnya kawasan industri bukan hanya dilihat dari jumlah pabrik yang berdiri, namun ada banyak faktor lain yang ikut tumbuh karena adanya kawasan ini, seperti pusat perekonomian, pemukiman baru. Hal ini menggerakkan para karyawan yang jauh dari daerah asal untuk mencari tempat tinggal yang lebih dekat. Oleh karena itu, kesempatan ini dapat anda jadikan acuan untuk mendirikan usaha kontrakan.

2. Bandingkan harga tanah

Inilah poin utama yang harus anda laksanakan, yaitu mencari harga tanah yang relatif murah karena penyumbang tersebar untuk modal anda adalah tanah yang akan anda jadikan sebagai lahan rumah kontrakan anda.

Baca Juga: 

3. Perbandingan rate

Jangan lelah untuk menanyakan harga sewa atau kontrakan yang biasanya disediakan pengusaha lain dikawasan yang akan anda jadikan lahan kontrakan anda. Hal ini juga yang menentukan anda memasang rate tinggi atau malah sebaliknya.

4. Prediksi masa depan

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah bagaimana usaha anda untuk masa yang akan datang. Hal ini dilihat dari perkembangan pembangunan infrastruktur, kegiatan ekonomi yang naik atau turun, serta rencana lain dari pemerintah.

5. Sumber Air

Hal yang penting jika anda akan membuka bisnis rumah kontrakan ini adalah tersedianya sumber air yang melimpah disekitar lokasi yang akan anda jadikan bisnis. 

6. Siapkan modal

Untuk membangun rumah kontrakan, modal yang anda butuhkan tentunya tidak sedikit, untuk itu anda harus benar-benar mempersiapkan hal-hal yang anda butuhkan. Jika anda terkendala dengan modal, anda bisa meminjam di bank atau dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Pastikan uang tersebut benar-benar untuk membangun usaha anda.

gambar hanya ilustrasi


Keuntungan Bisnis Rumah Kontrakan

Banyak keuntungan yang dapat capai sebagai bahan pertimbangan dengan berbisnis kontrakan ini, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Rumah kontrakan masih sangat diminati untuk saat ini, baik pasangan muda maupun mahasiswa yang sedang berkuliah.
  2. Harga sewa untuk rumah kontrakan relatif naik setiap tahunnya, terlebih jika anda memulai usaha ini di daerah kampus yang banyak anak kuliahan atau kawasan pabrik atau industri.
  3. Capital gain yang dapat anda peroleh dengan menyewakan rumah maupun properti lainnya.
  4. Perawatan rumah dapat anda bebankan pada penyewa rumah.

Nah, setelah membahas tentang bisnis rumah kontrakan ini, mungkin anda sudah mempunyai gambaran tentang hal yang anda butuhkan saat ingin memulai mendirikan rumah kontrakan yang akan anda jadikan sebagai usaha. Keuntungan yang anda akan perolehpun bervariasi dalam usaha ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan selalu stay save untuk para pembaca. 


LihatTutupKomentar